AWAS Trending

Daftar Kementerian yang Buka Pendaftaran CPNS 2024, Lulusan SMA Boleh Daftar


 
JakartaHerald.com - Di bawah ini adalah daftar kementerian yang buka pendaftaran CPNS 2024.

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 resmi dibuka untuk umum pada tanggal 20 Agustus. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menyiapkan 600.000 formasi pendaftaran CPNS untuk periode Agustus 2024. 

Namun, tidak semua formasi yang diajukan oleh kementerian atau lembaga disetujui oleh Kementerian PANRB, sehingga untuk periode ini hanya 250.407 formasi yang tersedia.

Menteri PANRB Abdullah Azwat Anas mengungkapkan bahwa ada beberapa alasan mengapa pengajuan formasi dari kementerian atau pemerintah daerah tidak disetujui sepenuhnya, terutama untuk fresh graduate. Salah satunya adalah masalah anggaran dan juga karena formulasi teknis yang terdistraksi oleh digital.

Dari total 250.407 formasi yang tersedia, sebanyak 114.000 kuota akan disediakan untuk pemerintah pusat, dan 60.000 di antaranya akan diberikan kepada kebutuhan k/l di IKN. 

Apabila ada lembaga pemerintahan yang mengusulkan pemindahan ASN ke IKN, maka akan dipersiapkan pekerja dengan talenta digital dan multitasking.

Selain itu, dari 60.000 formasi yang akan diberikan ke IKN, sebanyak 5% akan diperuntukkan untuk putra-putri Kalimantan. 

Hal ini dilakukan agar putra-putri Kalimantan tidak perlu bersaing dengan fresh graduate dari Jawa, sesuai saran dari Presiden.

Berdasarkan informasi yang diterima, beberapa instansi sudah membuka lowongan CPNS. Berikut daftar kementerian yang membuka formasi untuk menerima sejumlah tenaga ahli:

Daftar Kementerian yang Membuka Lowongan di CPNS 2024

1. Kementerian Agama: casn.kemenag.go.id
2. Komisi Pemberantasan Korupsi: rekrutmen.kpk.go.id
3. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: cpns.kemenkumham.go.id
4. Kementerian Perhubungan: cpns.dephub.go.id
5. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral: casn.esdm.go.id
6. Mahkamah Agung: rekrutmen.mahkamahagung.go.id
7. Kejaksaan RI: biropeg.kejaksaan.go.id/pengumuman/cpns
8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: cpns.kemdikbud.go.id
9. Kementerian Pertanian: casn.pertanian.go.id
10. Badan Riset dan Inovasi Nasional: casn.brin.go.id
11. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan: casn.menhlk.go.id
12. Kementerian Kesehatan: casn.kemkes.go.id
13. Badan Pengawas Obat dan Makanan: casn.pom.go.id

Jadi, bagi para calon pegawai negeri sipil yang berminat untuk mendaftar, pastikan untuk memahami persyaratan dan prosedur yang berlaku. Semoga sukses dalam proses seleksi CPNS 2024 ini!

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jakarta Herald