AWAS Trending

Pemerintah Tetapkan Batas Usia PPPK 2024, Jangan Daftar Kalau Umur Segini

 


JakartaHerald.com - Buat Anda yang berusia segini, jangan pernah sekali-sekali daftar PPPK karena akan langsung ditolak.

Seperti diketahui, Menpan RB telah mengeluarkan Peraturan Menpan RB Nomor 6 tahun 2024 yang menetapkan aturan baru terkait seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2024. 

Salah satu poin penting dalam peraturan ini adalah tentang usia maksimal bagi pelamar PPPK, yang ditentukan berdasarkan jabatan yang dilamar.

Secara garis besar, Anda yang hendak mendaftar PPPK 2024 harus memenuhi syarat sebagai berikut ini.

Syarat Umum PPPK 2024

1. Bersih dari Catatan Kriminal

Calon pelamar tidak boleh memiliki catatan pidana penjara selama lebih dari 2 tahun yang berkekuatan hukum tetap.

2. Tidak Pernah Diberhentikan Tidak dengan Hormat

Calon pelamar tidak boleh pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai seorang PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau pegawai swasta.

3. Netralitas Politik

Calon pelamar harus menjaga netralitas politik, tidak terlibat dalam politik praktis atau menjadi anggota/pengurus partai politik.

4. Kualifikasi Pendidikan yang Sesuai

Pelamar harus memiliki pendidikan yang sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar.

5. Kompetensi dan Sertifikasi

Untuk beberapa jabatan, pelamar harus memiliki sertifikasi keahlian yang relevan dan masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang.

6. Kesehatan Jasmani dan Rohani

Pelamar harus dalam kondisi jasmani dan rohani yang sesuai kebutuhan jabatan yang dilamar.

7. Kesediaan Penempatan

Pelamar harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia atau bahkan di luar negeri, sesuai kebutuhan instansi pemerintah.

Berapa batas usia mendaftar PPPK 2024?

Sesuai peraturan, batas usia minimal untuk pelamar PPPK adalah 20 tahun, dengan batas usia maksimal satu tahun sebelum mencapai batas usia jabatan yang dilamar.

Setiap jabatan memiliki batas usia maksimal yang berbeda, yang ditentukan berdasarkan kebutuhan dan ketentuan jabatan tersebut. 

Hal ini memberikan fleksibilitas dalam rekrutmen, memberi peluang pada berbagai kandidat dengan tingkat pengalaman yang berbeda.

Peraturan ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses rekrutmen PPPK dilakukan secara adil dan transparan, serta menjamin bahwa kandidat yang dipilih memenuhi kualifikasi dan kompetensi yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jakarta Herald