AWAS Trending

Profil Robert Bonosusatya, Sosok yang Disebut Mafia Besar dalam Korupsi PT Timah yang Menyeret Harvey Moeis


JakartaHerald.com - Berikut adalah informasi tentang profil dan biodata Robert Bonosusatya, terduga mafia besar dalam kasus mega korupsi PT Timah.

Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung tengah memeriksa Robert Bono Susatyo (RBS) alias RBT terkait dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan PT Timah Tbk mulai tahun 2015 hingga 2022.

Jampidsus mengatakan bahwa pemeriksaan ini dilakukan setelah mendapat izin dari Kejagung. 

"RBS sedang kami periksa," ujar Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, di Jakarta pada hari Senin.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah disomasi oleh Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) untuk menetapkan Robert Bono Susatyo sebagai tersangka, dikarenakan peran pentingnya dalam kasus korupsi tata niaga timah di Bangka Belitung. 

MAKI menduga bahwa Robert adalah tokoh kunci dalam kasus tersebut dan telah terlibat secara intelektual serta menerima manfaat dari uang hasil korupsi.

Menurut Kuntadi, pemeriksaan yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh tekanan dari pihak manapun, melainkan semata-mata untuk kepentingan penyelidikan. 

Mengacu pada alasan ini, profil dan biodata Robert Bonosusatya sangat dicari-cari.

Berikut adalah profil dan biodata Robert Bonosusatya

Robert Bonosusatya bukan nama baru dalam sebuah perkara besar. 

Pengusaha Robert Priantono Bonosusatya juga pernah mencuat karena disebut-sebut sebagai pihak yang memfasilitasi perjalanan Brigjen Hendra Kurniawan dan rombongan ke Jambi untuk menemui keluarga mendiang Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan jet pribadi (private jet).

Brigadir J adalah anggota Polri yang tewas di tangan atasannya sendiri, Irjen Ferdy Sambo yang saat kejadian menjabat Kadiv Propam Mabes Polri.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Tegus Santoso menyatakan diduga ada 2 warga sipil yang memfasilitas jet pribadi (private jet) untuk rombongan Hendra Kurniawan.

Akan tetapi, Robert menyangkal pernyataan Sugeng tentang jet pribadi itu.

“Berita itu tidak bener,” kata Robert.

Biodata Robert Bonosusatya

Nama: Robert Priantono Bonosusatya

Nama: RBT

Pendidikan: University of California San Francisco Foundation.

Pekerjaan: Pengusaha

0 Komentar

© Copyright 2022 - Jakarta Herald